Cuplikan film CODA (Sumber gambar: Apple TV)

Jadi Best Picture Oscar 2022, Simak 5 Fakta Menarik Film CODA

29 March 2022   |   19:25 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Ajang penghargaan The Academy Awards ke-94 atau Piala Oscar 2022 menobatkan film CODA sebagai Best Picture. Film garapan Sian Heder itu mengalahkan lima nominasi lainnya yakni Belfast, Drive My Car, Dune, King Richard, dan The Power of the Dog.

CODA yang merupakan singkatan dari Child of Deaf Adults, adalah film yang berkisah tentang Ruby Rossie (Emilia Jones), siswa SMA yang menjadi satu-satunya anggota keluarga yang bisa mendengar. Orang tua serta kakak laki-lakinya tuli sehingga mereka berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat.

Kondisi tersebut membuat Ruby harus mengurus bisnis perikanan keluarganya yang terancam gagal. Ruby yang bercita-cita menjadi penyanyi menghadapi dilema antara keluarga dan mengejar impiannya di bidang musik.

Untuk semakin mengenal, berikut adalah 5 fakta menarik film CODA yang berhasil dirangkum Hypeabis.id.
 

1. Remake dari film Prancis

CODA merupakan film versi remake berbahasa Inggris dari film Prancis La Famille Bélier yang dirilis pada 2014 dan sukses di box office negara tersebut. Produser La Famille Bélier, Philippe Rousselet, kemudian meminta sutradara Sian Heder untuk membuat ulang film tersebut versi Hollywood.

Produksi film CODA kemudian dimulai pada Mei 2019 dan mengambil lokasi syuting di Gloucester, Massachusetts. Dalam menggarap film ini, Sian Hader dibantu dua tunarungu yakni Alexandria Wailes dan Anne Tomasetti.
 

2. Film streaming pertama yang menang Oscar

Kemenangan film CODA untuk Best Picture di Piala Oscar 2022 menjadi sejarah. Pasalnya, ini merupakan film pertama yang dirilis di layanan streaming yang berhasil memenangkan kategori bergengsi tersebut.

Untuk diketahui, film CODA pertama kali tayang pada 28 Januari 2021 di Festival Film Sundance pada hari pembukaan, kemudian dirilis di Apple TV+ pada Agustus 2021.
 

3. Sabet tiga penghargaan di Oscar

Dalam ajang Oscar 2022, film CODA meraih sebanyak tiga nominasi sekaligus memenangkan ketiganya yakni Best Picture, Best Adapted Screenplay oleh Sian Heder, serta Best Supporting Actor oleh Troy Kotsur. 

Selain itu, film ini juga dinominasikan untuk dua kategori yakni Best Motion Picture dan Best Supporting Actor pada ajang Golden Globe Awards ke-79. Sementara pada ajang Producers Guild of America Awards ke-33, CODA mendapatkan penghargaan untuk kategori Best Theatrical Motion Picture.
 

Sumber

Sumber gambar: Apple TV


(Baca juga: Angkat Kisah Perjuangan Keluarga Tunarungu, CODA Menangkan Best Picture Oscar 2022)
 
1
2


SEBELUMNYA

Spotify Hadirkan Koleksi Playlist Lagu dan Podcast Spesial Ramadan

BERIKUTNYA

Ini Alasan Drama Audio Digemari Lagi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: