Ilustrasi cokelat (Dok. Polina Tankilevitch/Pexels)

Ini 5 Manfaat Cokelat untuk Kesehatan

14 February 2022   |   14:33 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu makanan yang identik dengan perayaan Valentine adalah cokelat. Kudapan kesukaan hampir setiap orang ini biasanya dijajakan lebih bervariasi saat menjelang hari kasih sayang ini, dengan berbagai bentuk dan hiasan yang menarik.

Tak hanya identik dengan Valentine, cokelat juga dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Menurut penelitian yang diterbitkan di Netherlands Journal of Medicine, kakao yang merupakan bahan utama cokelat, mengandung senyawa fenolik yang aktif secara biologis.

Melansir dari Medical News Today, Senin (14/2/2022), berikut ini tujuh manfaat cokelat untuk kesehatan.


1. Mengurangi kolesterol

Satu studi yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition menunjukkan bahwa konsumsi cokelat dapat membantu menurunkan low-density lipoprotein (LDL) kadar kolesterol, yang dikenal sebagai "kolesterol jahat."

Para peneliti menganalisis efek cokelat batangan yang mengandung sterol tanaman (PS) dan flavanol kakao (CF) pada kadar kolesterol. Mereka menyimpulkan bahwa mengonsumsi cokelat batangan yang mengandung PS dan CF secara teratur, sebagai bagian dari diet rendah lemak, dapat mendukung kesehatan jantung dengan menurunkan kolesterol dan meningkatkan tekanan darah.
 

2. Meningkatkan fungsi kognitif

Para ilmuwan di Harvard Medical School telah menyarankan bahwa minum dua cangkir cokelat panas sehari dapat membantu menjaga otak tetap sehat dan mengurangi penurunan memori pada orang tua.

Para peneliti menemukan bahwa cokelat panas membantu meningkatkan aliran darah ke bagian otak yang membutuhkannya. Hasil percobaan laboratorium yang diterbitkan pada tahun 2014 menunjukkan bahwa ekstrak kakao, yang disebut lavado, bisa mengurangi atau mencegah kerusakan ke jalur saraf yang ditemukan pada pasien dengan penyakit Alzheimer. Ekstrak ini bisa membantu memperlambat gejala seperti penurunan kognitif.

Studi lain, yang diterbitkan pada tahun 2016 di jurnal Appetite merekomendasikan untuk makan cokelat setidaknya sekali dalam seminggu, yang bisa meningkatkan fungsi kognitif.
 

Ilustrasi cokelat (Dok. Towfiqu barbhuiya/Unsplash)

Ilustrasi cokelat (Dok. Towfiqu barbhuiya/Unsplash)


3.  Mencegah penyakit jantung

Penelitian yang dipublikasikan di The BMJ  menemukan bahwa mengonsumsi cokelat dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Berdasarkan pengamatan, penulis menyimpulkan bahwa tingkat konsumsi cokelat yang lebih tinggi dapat menurunkan risiko gangguan kardiometabolik. Dalam sebuah penelitian terhadap 470 pria yang lebih tua, kakao ditemukan dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung hingga 50 persen selama 15 tahun. Studi lain mengungkapkan bahwa makan cokelat dua kali atau lebih per minggu menurunkan risiko plak kalsifikasi di arteri sebesar 32 persen.

(Baca juga: Kenapa Cokelat Identik dengan Perayaan Valentine? Begini Sejarahnya!)
 

 

1
2


SEBELUMNYA

Intel Kembangkan Cip Ramah Lingkungan untuk Penambangan Kripto 

BERIKUTNYA

Indonesia Terpililh sebagai Negara Terindah di Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: