Ilustrasi (Dok. RODNAE Productions/Pexels)

Awas! Ada 6 Pantangan saat Imlek

01 February 2022   |   14:59 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Perayaan Tahun Baru Imlek adalah momen penting khususnya bagi umat Khonghucu dan Tionghoa. Biasanya, kita akan banyak menjumpai berbagai pernak-pernik khas Imlek yang menghiasi rumah-rumah mereka yang merayakannya. 

Beberapa tradisi pun dilakukan saat Imlek mulai dari membersihkan rumah, memakai barang serba merah hingga bagi-bagi angpao. Meski demikian, ada juga beberapa hal yang tidak boleh dilakukan sehingga menjadi pantangan saat Imlek seperti berikut ini.
 

1. Menyapu dan membersihkan rumah

Menyapu dan membersihkan rumah menjelang Tahun Baru Imlek adalah salah satu hal yang tidak boleh dilakukan menurut kepercayaan umat Tionghoa. Kegiatan ini dipercaya akan menyapu semua rezeki atau berkah keluar dari rumah. Umumnya, kegiatan bersih-bersih atau mencuci baju dilakukan pada keesokan harinya setelah Tahun Baru Imlek.
 

2. Potong dan mencuci rambut di hari Imlek

Memotong atau mencukur rambut adalah kegiatan yang sebaiknya dilakukan sebelum perayaan tahun baru Imlek. Tak hanya agar terlihat lebih mempesona, kegiatan memotong rambut ini juga bertujuan untuk membuang sial.

Selain itu, saat perayaan Imlek biasanya orang-orang tidak akan mencuci rambut karena tidak ingin mencuci keberkahan yang diterima saat Tahun Baru Imlek. 
 

3. Membicarakan hal buruk

Selama perayaan Tahun Baru Imlek juga dilarang untuk membicarakan hal-hal yang buruk seperti kematian, perkelahian, konflik, dan sebagainya. Hal tersebut dipercaya akan membawa kesialan. Sebaliknya, disarankan untuk berbicara yang baik dan manis di Tahun Baru Imlek.
 
1
2


SEBELUMNYA

5 Tips Agar Pemberian Angpao Tidak Ganggu Pos Keuangan

BERIKUTNYA

Bunda Wajib Tahu Gejala Parental Burnout & Cara Mengatasinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: